Field Trip Penuh Makna, SDIT Insan Mandiri Kalisari

Berita

CISEENG (3/3) — Aktivitas belajar mengajar tidak musti selalu dilakukan di dalam ruang kelas, digelar di luar kelas dengan suasana berbeda, akan memberi kesan baru, dan dapat menghindari kejenuhan dalam belajar

Seperti yg dilakukan SDIT Insan Mandiri Kalisari  Jakarta pada Jumat, 3 Maret 2023 lalu. Sekolah mengajak semua murid, dari kelas 1 hingga kelas 6 ke  Pelita Desa – Ciseeng.

Kegiatan diawali dengan pemanasan, dan Ice breaking, dilanjutkan Games fisik pada wahana-wahana yang tersedia, seperti Flying Fox, Two Line Bridge dan yang lainnya. Selain itu kegiatan edukatif seperti mengenal proses pembuatan tahu,  kegiatan menanam padi, membajak, dan menampi beras juga diajarkan kepada peserta didik, disusul materi life skill seperti, membatik untuk kelas 4,5 dan 6  serta membuat karya cetak dari tanah liat untuk kelas 1,2 dan 3.

” Dengan field trip, murid diajak untuk berpikir kreatif, memiliki pengalaman baru, serta dapat melihat serta mengetahui permasalahan secara langsung. Misalkan anak-anak bisa  melihat, asal-usul nasi yang selama ini mereka konsumsi setiap hari.  mulai dari membajak menanam padi, hingga menampih beras.  keseruan lainnya dalam kegiatan field trip ini adalah ketika anak-anak bisa belajar sambil bermain sehingga tidak menimbulkan kebosanan” ungkap ibu Endang Rahayu, M.Pd selaku  ketua Panitia.

” kurang lama waktunya, karena happy dan semangat” komentar Mukhbita, murid kelas 6 Khadijah.

“Yup, bahagia dan seneng banget”  timpal Nujma, teman sekelasnya menambahkan.

Kegiatan ditutup dengan sholat Zhuhur dan makan siang. Walau terlihat letih semua murid tampak berbahagia. Senyum ceria, ditingkahi canda dan gelak tawa  terdengar sepanjang perjalanan kembali ke rumah. (UMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *