Dolan Ning Yogya Angkatan 5, SMP IT Insan Mandiri Greenville 2024

Artikel

Setu, Bekasi — Setiap orang pasti pernah merasakan kejenuhan atas kesibukan dan rutinitas sehari-hari yang dihadapinya. Pada saat seperti inilah dibutuhkan refreshment terhadap jiwa maupun tubuh, refreshment inilah yang disebut rihlah atau rekreasi. Rihlah adalah salah satu cara yang efektif melepas penat dengan mengisi kegiatan yang bermanfaat.

Rihlah atau tadabbur alam diambil dari Bahasa arab yang berarti perjalanan. Rihlah adalah perjalanan mentadaburi alam dengan maksud dan tujuan yang baik dan didasarkan niat untuk Allah SWT. Secara istilah, rihlah adalah sebuah petualangan untuk mencari dan mengumpulkan hadis atau menuntut ilmu agama, juga makna secara umum untuk perjalanan dalam rangka penelitian atau melancong.

Ar-rihlah juga kemudian dijadikan judul dari berbagai literatur yang memuat catatan dan pengalaman sepanjang perjalanan dari para pelakunya. Rihlah juga bisa diartikan sebagai perjalanan sekaligus liburan dari rutinitas sehari-hari yang tak jarang bisa membuat stress. Rihlah bukanlah sekedar melakukan aktivitas jalan-jalan bersama dengan menikmati panorama alam, baik di hutan, alam bebas, laut, ataupun gunung.

Lebih dari itu, rihlah yang dilakukan dengan niat karena Allah akan bernilai ibadah sehingga menambah kuat iman yang terbentengi dengan akhlak yang baik.

SMPIT Insan Mandiri Greenville memilih lokasi yang dituju dalam perjalanan rihlahnya adalah Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan 18-24 April 2024, kenapa kami memilih daerah Yogya untuk menjadi tempat tujuan rihlah kami? Karena Yogya merupakan daerah yang sangat indah sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki sumber daya alam, budaya, dan obyek wisata yang sangat menarik, seperti Keraton, Malioboro, Merapi Park, The Lost World Castle, Tebing Bereksi, terdapat beberapa candi seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, sungai mudal, wisata goa pindul, pantai kukup, pantai indrayanti, dan masih banyak yang lainnya.

Rihlah adalah program rutin sekolah, tahun ini,  kegiatan rihlah mengusung kegiatan “Buku Tahunan Sekolah” atau yang sering disingkat menjadi BTS.

Kenangan merupakan hal yang penting di dalam perjalanan hidup seseorang atau sekelompok orang. Interaksi, kebersamaan, pengalaman, maupun keberadaan orang lain menimbulkan berbagai hikmah bagi manusia. Rekaman peristiwa, di dalam wujud visual, kenangan antar individu di dalam bidikan lensa serta untaian makna lewat kata-kata sekiranya adalah wadah yang tepat untuk bisa mencapai tujuan “mengenang” tersebut.

Berdasarkan dari keinginan untuk mengabadikan bersama yang terpupuk di dalam kehidupan siswa kelas IX Ibnu Batutah SMPIT Insan Mandiri Greenville Tahun Pelajaran 2023/2024, kami panitia rihlah dan buku tahunan SMPIT Insan Mandiri Greenville tahun pelajaran 2023/2024 berniat membuat buku kenangan untuk kelulusan murid kelas IX Ibnu Batutah SMPIT Insan Mandiri Greenville, yang kami namakan dengan tema “Be Yourself

Kelak buku tersebut selain berfungsi sebagai media informasi lulusan, juga dapat berfungsi sebagai media promosi usaha yang efektif. Hal ini disebabkan karena peserta didik SMPIT Insan Mandiri Greenville yang majemuk dan berasal dari berbagai daerah di tanah air, sehingga ketika buku ini nantinya dibawa pulang ke daerah asal masing-masing siswa, maka informasi dan publikasi dapat tetap berlanjut. (Asraff Maulana).

1 thought on “Dolan Ning Yogya Angkatan 5, SMP IT Insan Mandiri Greenville 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *