Tiga Murid SDIT IMJ Raih Penghargaan Sebagai Penulis Cerpen Cilik

Berita SDIT IMJ

Tiga murid SDIT Insan Mandiri Jakarta meraih penghargaan atas prestasinya menulis cerita pendek yang telah dibukukan oleh Penerbit Dzikrul Hakim Bestari. Pemberian penghargaan tersebut sekaligus launching buku kumpulan cerita pendek tingkat Sekolah Dasar se-Jabodetabek pada Rabu, 12 September 2018 di Lobby Plenary Stage, Jakarta Convention Centre (JCC). Dua buku kumpulan cerpen tersebut berjudul ‘Dunia Senyum’ dan ‘Serbuk Waktu’. Dua buku ini merupakan kumpulan dari 13 penulis cilik. Kini buku tersebut telah dijual umum di toko-toko buku seperti Gramedia.

Ketiga Penulis cilik SDIT Insan Mandiri ini adalah Naifah Nisa Azalia (Kelas 4A), Nashira Yusuf Al Grabg (Kelas 6C) dan Rofifah Alysia Wulan Safitri (kelas 6C). Ketiganya aktif menulis dalam program ODTC (One Day To Write). Tulisan cerpen Naifah dibukukan dalam buku ‘Serbuk Senyum’, sedangkan tulisan Nashira dan Rofifah dibukukan dalam buku ‘Dunia Waktu’.

Naifah, Nashira dan Rofifah adalah murid SDIT Insan Mandiri Jakarta yang suka sekali menulis. Ketika ada program One Day To Write oleh TIM ODTC, sekolah langsung memfasilitasi anak-anak yang memiliki potensi dan senang menulis. Nah, bagi kalian yang suka menulis, ayo saatnya ‘unjuk gigi’.

Paling tidak, bagi kalian yang suka menulis, ada tips yang bagus nih. Simak ya..

Jangan Takut Mencoba
Menulis itu bukan keahlian yang bisa didapat hanya dengan sekali mencoba. Pasti awalnya kalian mengalami writer’s block atau stuck dalam menulis. Tapi nggak apa-apa, itu justru proses yang membuat kalian semakin berpengalaman dalam berkarya. Intinya, jangan takut mencoba karena kita takut ditolak atau gagal, ya.

Banyak Membaca
Dengan banyak membaca, kalian bisa mendapatkan lebih banyak ilmu dan pelajaran. Nggak ada salahnya membaca biografi penulis-penulis terkenal untuk memotivasi. Kalian bisa belajar lewat pengalaman mereka. Selain itu, coba baca cerpen, novel ataupun buku non fiksi lainnya. Itu bisa menambah kosakata dan daya imajinasi kalian untuk menulis.

Coba Kirimkan Naskah ke Penerbit
Nah, kalau sudah selesai naskah tulisan yang kalian buat, coba kirimkan ke penerbit. Mintalah bantuan ke guru atau orangtua kalian. Jangan berpikir kalau kalian bukan siapa-siapa. Sekarang banyak kok, penulis cilik seperti tiga murid SDIT Insan Mandiri tadi yang hasil karyanya diterbitkan dan justru jadi best seller. Hm, terdengar menggiurkan, kan? Selamat mencoba!

admin
Admin web resmi SEKOLAH INSAN MANDIRI ini dikelola oleh Badan Pengembangan Pendidikan (BPP) Insan Mandiri. BPP terdiri dari 4 Departemen: Riset & Pengembangan, Pendidikan & Latihan, Hubungan Masyarakat, dan Pemberdayaan Orangtua & Alumni.
http://sit-insanmandiri.sch.id

2 thoughts on “Tiga Murid SDIT IMJ Raih Penghargaan Sebagai Penulis Cerpen Cilik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *