Skip to content

SEJARAH

Sejarah Sekolah Islam Terpadu (SIT) Insan Mandiri Indonesia

SEKOLAH INSAN MANDIRI berdiri pada tanggal 21 Juli 2003. Saat berdiri menempati  lokasi yang beralamat di Jalan Buncit Raya, Warung Jati Barat I No.82 Kalibata Pancoran, Jakarta Selatan, berada dibawah naungan Yayasan Insan Mandiri Sejahtera. Pada 18 Juli 2005 SDIT Insan Mandiri menempati gedung baru di Jalan Batu Merah No.71 RT 002/02 Pejaten Timur Pasar Minggu, Jakarta Selatan. SEKOLAH INSAN MANDIRI adalah lembaga pendidikan atau Sekolah Islam Terpadu di bawah naungan JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Indonesia, yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan berkualitas. 

SEKOLAH INSAN MANDIRI berdiri sebagai alternatif solusi dari keresahan sebagian masyarakat muslim yang menginginkan adanya sebuah institusi Pendidikan Islam yang berkomitmen mengamalkan nilai-nilai islam dalam systemnya, dan bertujuan agar siswanya mempunyai kompetensi seimbang antara ilmu kauniyah dengan ilmu qauliyah, antara fikriyah, ruhiyyah dan jasadiyah, sehingga mampu melahirkan generasi muda muslim yang berilmu, berwawasan luas dan bermanfaat bagi ummat. Dengan tujuan melahirkan siswa yang memiliki kecenderungan intelektual (Intelegen Quotient), kecerdasan emosional (Emotional Quotient) dan kecenderungan spiritual (Spiritual Quotient) yang tinggi serta kemampuan beramal (kerja) yang ikhlas.

SEKOLAH INSAN MANDIRI menerapkan konsep dasar integrated-activity dan integrated-curriculum. Artinya seluruh program dan aktifitas siswa yang ada di sekolah, mulai dari belajar, bermain, makan, dan beribadah dikemas dalam suatu system pendidikan bernuansa islami (Islamic Value), sehingga menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Program pendidikan yang dikemas dalam konsep Integrated Activity dan Integrated-Curriculum secara umum mempunyai tujuan dan target sebagai berikut :

  1. Ketakwaan yang tangguh
  2. Akhlaq yang karimah
  3. Prestasi akademik optimal
  4. Berwawasan kebangsaan, global dan islami

MANDIRI

  • Melaksanakan ibadah wajib dengan benar, tanggung jawab dan penuh kesadaran
  • Menguasai keterampilan dasar sehari-hari sesuai tingkat usia
  • Percaya diri dan dapat menyelesaikan masalahnya sendiri

CERDAS

  • Nilai akademis rata-rata 7,5
  • Memiliki salah satu life skill
  • Dapat melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi sesuai dengan pilihannya

KREATIF

  • Gemar membaca dan mencari informasi
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif
  • Memiliki satu karya yang orisinil

MEMILIKI KEPEKAAN SOSIAL

  • Gemar berinfaq
  • Memiliki budaya hidup bersih dan sehat
  • Melaksanakan budaya 5 S (Senyum, sapa, salam, sopan, santun)

KEPRIBADIAN ISLAMI

  • Memiliki imunitas dari pengaruh budaya-budaya negatif
  • Gemar membaca Al-Qur’an dengan tartil dan hafal 2 Juz Al-Qur’an
  • Berbakti pada orang tua